Liputan SGTT VII

Hampir sebulan nih liburan dikampung, tak terasa y, akhirnya skrg gw udah di Depok lg. Liburan koq capek ya…iya.. capek, pusing, terharu, sedih, merasa bodoh, bangga, sakit hati, semua campur aduk dadi siji, alhamdulillah,,, gado2.. hehe

Okeh, sekarang saatnya cerita.To the point, mungkin ada bahasa yg gak enak dibaca, tapi gpp y, yg pnting infonya nyampe..

Jadi, liburan gw ke kampung kemarin tuh diisi dengan bantu2 panitia SGTT (SINTESA Goes To Tegal) VII dan memastikan suksesnya sebuah Program SINTESA yang Kontributif dan Informatif buat adik2 SMA di Tegal dan sekitarnya tersebut..

Yups,,langsung aja ya ceritanya. Rangkaian acara SGTT tersebut adalah:

1. ROADSHOW (Briefing) ke 19 SMA di TEGAL dan BREBES

Dari tanggal 14 Juli 2008-5 Agustus 2008 SINTESA’ers berhasil melaksanakan Briefing di 17 SMA:

– SMAN 1 Tegal – SMA Ikhsaniyah – SMAN 1 Slawi

– SMAN 2 Tegal – SMA Al-Irsyad – SMAN 2 Slawi

– SMAN 3 Tegal – MAN Babakan – SMAN 3 Slawi

– SMAN 4 Tegal – MAN Tegal – SMAN 1 Bojong

– SMAN 5 Tegal – SMAN 1 Pangkah – SMAN 2 Brebes

– SMAN 1 Kramat – SMAN 1 Balapulang

(ada 2 SMA yg tidak memberikan izin Briefing: SMAN 1 Brebes dan SMAN 3 Brebes)

Sebelum itu, tentunya ada mekanisme perizinan Briefing ke tiap sekolah. Setelah fixasi izin Briefing dari pihak SMA yg brsangkutan, barulah SINTESA’ers mendatangi SMA tersebut pada tanggal dan jam yg tlh ditentukan. Target adalah siswa SMA kelas 3. Untuk tiap kelasnya, minimal ada 1 SINTESA’ers yang memberikan Briefing. Konten Briefing yang SINTESA sampaikan ke SMA’ers adalah:

– Perkenalan SINTESA

– Pemberian Informasi ttg dunia Perguruan Tinggi Negeri à Profile UI

– Pemberian Informasi biaya kuliah di UI + biaya lainnya

– Pemberian Informasi ttg jalur masuk UI

– Pemberian Informasi mendetail ttg SNMPTN/SPMB/UMB/dsb.

– Pemberian Informasi ttg adanya Talkshow SGTT VII & TryOut SNMPTN2009
– Pemberian Informasi ttg Media Contact dgn SINTESA’ers (web, no HP, email)

Pemberian Motivasi bagi SMA’ers agar bersemangat melanjutkan ke PTN (terkhusus UI), yang disisipi di seluruh bagian Briefing.

Roadshow SGTT kali ini diikuti pula oleh SINTESA MUDA angkatan 2008 sebagai Briefer. Mereka adalah Mahasiswa Baru UI angkatan 2008 yg diterima via UMB UI. Sebagian mereka sudah berani Briefing sendirian di satu kelas, namun sebagian lainnya masih harus didampingi oleh senior SINTESA. Roadshow ini diniatkan sekaligus membuka “jembatan komunikasi” antara SMA’ers dengan para seniornya (-cah Tegal &skitarnya-) yang telah berada di UI.

Dari Roadshow ini berhasil diambil kesimpulan bahwa ada 2 hal yang paling ditakutkan oleh kebanyakan SMA’ers ketika berpikir untuk melanjutkan ke PTN, terlebih UI, yaitu :

BIAYA dan Kemampuan Akademik !!!

Pada kesempatan Briefing, panitia SGTT juga brgerak menyebarkan (-menjual-) Tiket TryOut SNMPTN 2009 seharga Rp. 10.000,- kepada SMA’ers. Dengan dibantu oleh ketua kelas masing-masing kelas 3, pendistribusian Tiket ini menjadi lebih mudah.

2. TALKSHOW SGTT VII bertema “Jangan Takut Masuk UI”

Acara ini dilaksanakan hari Sabtu, 9 Agustus 2008 pkl. 09.00-13.00 bertempat di Pendopo Kota Tegal. Bekerja sama dengan DIKNAS Kota dan Kab. Tegal, Talkshow kali ini mengundang perwakilan 17 SMA yg. trsebut di atas, masing-masing 5 siswa + 1 guru pendamping (Kab.Tegal) atau 10 siswa + 1 guru pendamping (Kota Tegal). Sayang sekali SMAN 1 Kramat tidak bersedia mengirimkan perwakilannya.

Dengan MC Erlinda P.P (Psikologi UI ‘07), Talkshow ini memakai konsep acara EMPAT MATA (Trans 7), menghadirkan 3 orang pembicara yaitu Bpk. Drs. Yunus Daud (Dosen Fisika UI), Robby Ferdian (Alumni FT UI) dan Zulhanief M. (Mahasiswa FE UI ‘05).yupps,,,beliau-beliau ini adalah putra asli Tegal.

Talkshow ini mencapai puncaknya ketika bintang tamu talkshow yaitu mas Openk (Novel Em Alam, Ilmu Hukum UI ’05) dan mas Emil (Emil Yakun, Kimia UI ‘05) masuk ke Stage. Kedua senior SINTESA ini didatangkan karena dengan keterbatasan-keterbatasan yang dimiliki keduanya ketika SMA, yg skrg. akhirnya bisa masuk UI, diharapkan bisa memberikan motivasi lebih untuk para peserta talkshow. Para peserta dibuat kagum oleh perjuangan kedua bintang tamu tersebut ketika menceritakan perjuangan masing2 ketika dulu ingin menjadi mahasiswa UI..ya..sekali lagi dengan segala keterbatasannya!

Moderator acara ini adalah Pandhu Prakoso (Fisika UI ‘05), mantan Ketua SINTESA 06/07. Mas Pandhu tampil sangat agresif dan membuat acara semakin hidup.

Pada kesempatan ini SINTESA juga memberikan daftar nomor kontak (HP) SINTESA’ers angkatan 2008, 2007 dan 2006 yang dimaksudkan agar komunikasi antara SINTESA dengan sekolah bisa terus terjaga.

3. TRY OUT SNMPTN 2009 + BEDAH KAMPUS UI

Inilah acara yang bisa disebut momen puncak dari rangkaian SGTT. Tiket TryOut yang dijual oleh panitia SGTT ketika Roadshow berlangsung adalah lebih dari 1000 buah tiket. Informasi terakhir menyebutkan ada 1050an tiket yang berhasil terjual, itu berarti sekitar 10 juta lebih pemasukan buat panitia melalui Tiket. Right??!😉. TryOut ini dilaksanakan hari Minggu, 10 Agustus 2008 pkl. 07.00-13.00 bertempat di GOR Wisanggeni Tegal.

Malam minggu tersebut, tak seperti biasanya, hujan turun yang mengguyur Tegal dan sekitarnya hingga Subuh datang. Ternyata gerimis tak berhenti juga hingga pkl.07.00. Dapat anda bayangkan, jam segitu tidak lebih dari 100 peserta TryOut yg baru datang. Peserta yang lainnya datang sedikit demi sedikit. Tentu saja ngaret nya acara sudah terbayang jelas. Dan akhirnya, waktu pelaksanaan TryOut yg sedianya dimulai pkl, 07.00 pada kenyataannya dimulai pkl. 08.30 !!!

Setelah TryOut yg dilaksanakan atas kerjasama dgn Neutron (Lembaga BIMBEL) ini selesai pkl. 09.40, acara dilanjutkan dgn pembahasan oleh Tentor Neutron (pastinya, sekaligus iklan besar2 an bagi Neutron… J ). Kemudian acara berlanjut dgn penampilan dari OPHI Tegal (Rapper Tegal) yg membawakan 3 lagu andalannya. Tidak lupa, panitia juga memberikan DoorPrize berupa 1 buah Flashdisk bagi peserta dgn nilai TryOut tertinggi ( terbaik IPS dan terbaik IPA ) serta beberapa buah doorprize lainnya. Oiya, ada penampilan dari Band nya SINTESA Muda 2008! Narcis..

Huahh,,,meski ngaret nya gak ketulungan, namun secara keseluruhan acara berjalan lancer dan tertib. Oiya, dari seribu lebih tiket yang terjual, hanya sekitar sembilan ratus peserta yang hadir. Ya,,tentu saja kendala paling mungkin yang menjadi penyebab ketidakhadiran tersebut adalah hujan…yowess, aja nyalahna udan y..

Sekitar pkl.13.00 Bedah Kampus UI mulai dibuka. Formatnya adalah panitia membuka Stand-Stand Fakultas dimana tersedia pamflet2 fakultas di UI dsb.dsb. beserta minimal 1 orang SINTESA’ers dari fakultas yg brsangkutan yg brjaga disitu.. Bedah Kampus UI ini juga dilaksanakan di GOR Wisanggeni Tegal. Peserta cukup antusias, ini terlihat dari habisnya pamflet2 informatif di tiap stand fakultas.

Jam 3 an, semua peserta berangsur-angsur pulang. Para panitia pun mulai membereskan apa yg mungkin sudah bisa dibereskan. Ya…jm 6 an para panitia (meski tdk smua) pergi ke PAI (Pantai Alam Indah) Tegal hingga jm 8nan..sejenak melepas penat dan capek ditemani gitar e ms Juqi..setelah itu kami makan2 di Warung Soto Talang..😉

Udah ahh ceritanya..

Terima Kasih buat semua Panitia SGTT VII, biarlah nama dan kontribusi kalian hanya kuingat dan kubanggakan, tanpa perlu kutuliskan di sini..

Ikhlas di Hati, Nyata Berkontribusi !!

15 thoughts on “Liputan SGTT VII

  1. @muhammad syaepudin,

    ning desa tegalandong, kec. lebaksiu kang. sampeyan alamat e ning ndi??

    salam kenal ya..🙂

  2. kang tulung goletna bocah2 lulusan sman balapulang angkatan 1992 apa smp muhammaddiyah margasari angkatan 1989… matur nuwun sederenge kang juqii sing baik hati… ( ngakune ta kaya kuwe mbok )

  3. @asep,

    hooo, saking indonesia timur njih..tegal e mbiyen ngdi kang alamate??
    salam kenal njih kang asep..🙂

    ak ra bisa bantu apa2 kang, paling wei saran tok..😉

    coba njenengan mlebu facebook, saiki kan lagi booming2 e facebook ng indonesia, muga2 kue sg njenengan goleti bisa ketemu ng facebook.ak dewek ngrasakna, ketemu kanca2 sma, kanca2 mts lewat facebook..🙂

Monggo Ngomong/ Silakan Komentar/ Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s