KupuKupu, KuraKura dan KunangKunang

Sepertinya sudah tak asing lagi ya kata KupuKupu, KuraKura dan KunangKunang di telinga kita,, Eits, tapi yg ini bukan berarti nama-nama hewan lowh. Di dunia mahasiswa, apalagi mahasiswa UI, kosakata di atas sudah cukup terkenal. kalo lo blm tau, wahh, ke mane aje lo pren..?!

Yups,,judul di atas adalah sebuah anekdot atau semacamnya, yg intinya menggambarkan tipe-tipe mahasiswa dalam menjalani kesibukan di kehidupan mereka selama masih brstatus mahasiswa.

Ok, let’s define them!

KupuKupu (Kuliah Pulang-Kuliah Pulang) –> ini adalah tipe mahasiswa yang setelah jam perkuliahan usai maka ia tidak memiliki kesibukan lain yg tidak brhubungan dgn akademik, klo gak langsung pulang ke rumah/kost, ya ng-Game ama temen, dsb. Sbnrnya masih banyak hal yang bisa dilakukan di luar kampus, namun mahasiswa ini lebih memilih mmfokuskan diri untuk tidak trlalu sibuk di luar akademik atau sama artinya lebih memilih melakukan hal2 yg brkaitan dgn akademik yg ujung2nya agar prestasi akademiknya selalu baik atau bahkan naik. Kosakata lain untuk mendefinisikan tipe mahasiswa ini adalah Study Oriented.

KuraKura (Kuliah Rapat-Kuliah Rapat) –>ini adalah tipe mahasiswa yang setelah jam perkuliahan usai maka ia memiliki kesibukan lainny yg bisa dibilang tidak brhubungan sama sekali dgn akademik, salah satunya tentulah organisasi. Organisasi yg dimaksud tidak harus selalu organisasi kampus. Kata “Rapat” di sini tidak selalu berarti Rapat (pertemuan), namun lebih menggambarkan bahwa ia sering melakukan sosialisasi, koordinasi, sinkronisasi dgn orang lain yg brhubungan dgn sebuah agenda/acara/program kerja di organisasi yg brsangkutan. Banyak sekali alasan yg melatarbelakangi mahasiswa2 tipe ini aktif di kesibukan organisasi, seperti: mencari ilmu dan pengalaman, mencari prestise, demi CV, menambah link/teman atau ada yg memang bnr2 ingin mnunjukkan baktinya pada bangsa dan negara (tntu dalam lingkup sapuan yg kecil).

KunangKunang (Kuliah Nangkring-Kuliah Nangkring) –>tipe ini sama sekali brbeda dengan kedua tipe di atas. Yg terakhir ini adalah tipe mahasiswa yang setelah jam perkuliahan usai maka ia akan segera mencari/menuju tmpat brsantai/brsenang-senang. Kebanyakan mahasiswa tipe ini memang dari golongan ekonomi yg mapan, sehingga tentu sah2 saja dan tidak heran jika mereka mau brsenang-senang dgn fulus mereka (baca:orang tua mereka). Mahasiswa tipe ini lebih banyak mnghabiskan waktu, energi, and fulus nya untuk brsenang-senang dgn atau bahkan tanpa kawan2nya. Meski demikian rata-rata prestasi mereka tidak jelek2 di akademik.. Ahh, yg bener??!

So, Tipe mahasiswa seperti apakah kamu?? hmm,,Yang jelas masing-masing dari kita punya orientasi pren. Kita juga pastinya memiliki alasan yg cukup mengapa memilih orientasi tersebut. Dan ingat kawan, HIDUP itu PENUH PILIHAN !!!

7 thoughts on “KupuKupu, KuraKura dan KunangKunang

  1. @rifa,

    sekali lagi rifa, hidup itu penuh pilihan! trkadang qt harus bikin pilihan orientasi atas dasar alasan2 trtntu.

    salah satunya alasan trsebut adalah waktu/jaman/masa..πŸ™‚

  2. Masi ada tuh,
    KUDA-KUDA (KUliah DAkwah-KUliah DAkwah)…
    Ne tipe mhasiswa yg bkutat dgn ilmu agama… Biasanya masuk organisasi LDK(Lembaga Dakwah Kampus) atau dll… Hehe πŸ˜€

Monggo Ngomong/ Silakan Komentar/ Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s