GAMBIT RAJA -Strategi Bermain Catur-

chessGambit Raja (King’s Gambit) adalah sebuah strategi pembukaan pada permainan catur. Asumsikan kita memegang pihak putih, strategi ini dimulai dengan pembukaan Pawn (pion) di depan King dan di depan Queen (Ster) jauh ke depan: 2 langkah ke depan. Langkah selanjutnya merupakan kombinasi dari menjalankan Knight (Kuda) kanan kita ke depan, membuka Bishop (luncur) kanan kita ke kiri depan, atau menjalankan Knight (Kuda) kiri kita ke tengah depan, dsb. Langkah kunci selanjutnya yg teramat penting pada konsep gambit raja ini adalah Castling (rookir) di sisi kanan pertahanan kita.

Sebagai ilustrasi penerapan Gambit Raja, ini ada hasil Record pertandingan catur gw melawan program komputer di sebuah website. Saya main 3 kali: Pertandingan 1, Pertandingan 2, Pertandingan 3. Kesemuanya saya mainkan dengan pembukaan Gambit Raja (King’s Gambit) , kesemuanya saya mainkan dengan memakai Pihak Putih (lawan memakai Pihak Hitam) dan kesemuanya dimenangkan oleh saya he3.. (program komputernya cupu sih..) . Silakan di baca-baca aja deh Recordnya.. ;p

NB: Kode di depan tiap langkah catur adalah kode Bidak dan koordinatnya. Kode huruf besar: P= Pawn, R=Rook, K=King, Q=Queen, B=Bishop, Kn=Knight. Sedangkan huruf kecil yg briringan dgn. sebuah angka adalah menyatakan koordinat si Bidak pd papan catur.

Langkah ini dilakukan dengan tujuan mengobrak-abrik pertahanan lawan (dari sisi kiri pertahanan lawan). Strategi ini juga dikenal ampuh membuat lawan “terpaksa” melepas prajurit di titik penting pertahanan. Hal yg juga penting adalah Rook (Benteng) kita setelah Pawn (Pion) maju jauh ke depan akhirnya bisa leluasa menyerang lurus ke jantung pertahanan lawan yg disebabkan hasil Rookir tadi.

Main catur udah jadi salah satu hobby saya sejak jaman SMP dulu. Yahh, meski gak bisa masuk level master (karena kterbatasan otak,,he3), saya cukup menggemari prmainan ini dan cukup menikmati ktika melakukan prmainan ini. Waktu jaman SMA dulu, smpet mau tembus masuk olimpiade catur SMA se jawa tengah,, huaha, tapi sayang kalah sama tmn sndiri (se-SMA) di babak prempat final se-kabupaten. hiks..

Keterangan lebih lanjut ttg dunia Catur, silakan liat aja ya di http://en.wikipedia.org/wiki/Chess :)

About these ads

12 thoughts on “GAMBIT RAJA -Strategi Bermain Catur-

  1. hue… ternyata Juki stelah gantung spatu di dunia per-futsal-lan Fasilkom… pindah profesi ke catur… ckckck

    ~ikutan olimpiade UI Juk…! XD

  2. @agung,
    liat aja noh di wikipedia mas,,hwehe..

    @ardi,
    kagak di, mmg sih skrg gw kagak brnafsu lagi maen bola, udah ganti orientasi nih..he3..btw, klo gw ikut olimpiade catur UI, kayaknya langsung keok dah gw..
    inget bro, gemar maen ndak berarti hebat maen.. hiks..

Monggo Ngomong/ Silakan Komentar/ Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s