Mudik Lebaran 2008 (1)

Mudik tahun ini adalah mudik ketiga kali yang saya jalani. sejak menetap di Depok menuntut ilmu, mudik kali ini adalah mudik kedua kalinya saya menggunakan jasa angkutan kerata api.

Yups, kemarin saya mudik pake kereta api bersama ayah, dan 3 orang tetangga saya di kampung. kami berlima berencana naik kereta api tawang jaya (Jakarta-Semarang) yg tentu saja melewati dan transit di stasiun Tegal. rencananya kami akan berangkat dari stasiun jatinegara.

ok, to the point, hari Minggu, 1 Okt 2008, H-3 Lebaran, sekitar jam 9 malam, kami sudah sampai di statiun jatinegara. kami segera mmbeli karcis Tawang Jaya <Ekonomi> seharga Rp. 36.000,-🙂. di jadwal keberangkatan kereta yang ada di papan pengumuman stasiun trtulis bahwa Tawang Jaya akan tiba di stasiun Jatinegara pkl. 21.30 an.

ok, karcis sudah ditangan, kini saatnya menunggu si tawang jaya datang. menit berganti menit, he3, tau2 udah jam 10 malem. argh,, tiba2 jadi inget syair lagunya bang iwan fals:

“sampai stasiun kereta pukul setengah dua
duduk aku menunggu tanya loket dan penjaga
kereta tiba pukul berapa
biasanya kereta terlambat dua jam
mungkin biasa”

< Judul Lagu: Kereta Tiba Pukul Berapa>

huahh,, itu sih cuma sebuah lagu, tapi seenggaknya jadi tambahan wawasan buat saya deh bahwa hal2 kayak gini <keterlambatan datangnya kereta> bukan hal yang asing lagi di negara kita. oiya, tunggu, apalagi ini musim lebaran.🙂

alhamdulillah, ketika sedang suntuk2 nya nunggu tawang jaya dateng, trdengar pengumuman dari speaker (sompok-jawa) stasiun. begini kira2:

“Bagi Para Calon Penumpang Tawang Jaya yang sudah membeli karcis, anda dipersilahkan untuk ikut kereta api Kertajaya (Jakarta-Surabaya) yang sekarang sudah ada dijalur x, kereta Kertajaya ini akan ke Stasiun Senen dulu baru kemudian berangkat ke Surabaya dengan mengambil rute yang sama dengan tawang jaya. Untuk informasi, bahwa kereta api tawang jaya yang sekarang masih ada di stasiun senen sudah penuh sesak berisi penumpang. jika anda masih ingin ikut kereta tawang jaya, mohon untuk tidak memaksakan diri untuk masuk kereta. masih ada beberapa kereta di balakangnya yang akan mengangkut anda”

kami berlima pun berunding, memilih antara menunggu tawang jaya (sudah penuh sesak penumpang) ataukah ikut si kertajaya (masih kosong, namun pasti bakal lama lagi berangkatnya, karena harus ke stasiun senen dulu). ok, akhirnya, kami memutuskan untuk ikut si Kertajaya.

kamipun masuk ke kereta api kertajaya, kosong blong, belum ada penumpangnya, blablabla, tak lama kemudian kamipun telah sampai di stasiun senen, ketika itu sekitar jam 11 malam. alhasil kami pun menunggu, menunggu kereta ini penuh sesak juga seperti halnya tawang jaya. dan benar juga, menjelang diberangkatkan, kertajaya yg saya tumpangi ini telah penuh sesak, tapi syukurlah karena kami naik dari jatinegara, kami mendapatkan tempat duduk. sekitar pkl.01.00 dinihari kami <beserta keretanya🙂 > baru benar-benar beranjak dari stasiun senen dan keluar dari jakarta menuju timur.

haah, sayangnya tidak ada kejadian yang bisa diceritakan selama perjalanan. kami isi dengan tidur, tidur dan tidur, he3. sahur kami lakukan di kereta, ketika itu belum sampai cirebon.

sekitar jam 5 pagi lebih kami sudah sampai di stasiun tegal. alhamdulillah, kami pun turun dan segera menyewa jasa taksi, blablalba, akhirnya kami telah sampai rumah, sekitar pkl. 07.00.

hahh, ntar dilanjutin lagi ya ceritanya…

3 thoughts on “Mudik Lebaran 2008 (1)

Monggo Ngomong/ Silakan Komentar/ Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s