SIMAK UI 2009 -Ujian Masuk UI 2009-

ujianSetelah kurang berhasil dalam penerimaan S1 Reguler dengan Program UMB nya, kini Universitas Indonesia ( UI ) mengadakan suatu sistem baru untuk penerimaan mahasiswa baru 2009, bernama SIMAK UI ( Seleksi Masuk Universitas Indonesia ).

Pendaftaran dilakukan secara Online mulai 19 Januari – 22 Februari 2009 melalui website http://penerimaan.ui.ac.id/. Seleksi dilakukan tanggal 1 Maret 2009 (dalam 1 hari). berlokasi di 40 tempat berbeda di seluruh Indonesia.

SIMAK-UI (Seleksi Masuk UI) adalah ujian seleksi masuk UI yang diselenggarakan oleh UI bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di UI untuk program pendidikan sebagai berikut:

  • Program Sarjana Reguler
  • Program Sarjana Kelas Paralel
  • Program Vokasi

Persentase kuota penerimaan program Sarjana Reguler:

56% SIMAK UI
14% SNMPTN
30% PPKB

Setiap siswa SMA yang memenuhi persyaratan dapat memilih mengikuti salah satu atau lebih program pendidikan yang seleksinya melalui SIMAK UI (Seleksi Masuk Universitas Indonesia). Khusus Program Sarjana Reguler seleksi ujian masuk selain melalui SIMAK-UI juga dapat melalui SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

Sumber :

http://www.ui.ac.id/id/admission/page/simak

http://penerimaan.ui.ac.id/announcement/101

SIMAK UI 2009

54 thoughts on “SIMAK UI 2009 -Ujian Masuk UI 2009-

  1. @mr x,
    cendol nya mana?? ;p

    @aulia,
    snjata makan tuan, mksudnya ikut mnyetujui aturan yg nntinya jdi boomerang bagi diri sndiri?? hm…

  2. Alhamdulillah tempat ujian terdistribusi ke banyak tempat di Indonesia.
    Tapi, persiapan para siswa sangat minim mengingat tes di masa2 mereka sibuk dengan urusan sekolahnya, bahkan mungkin saat mereka belum berfikir jauh sampai ke Ujian Masuk PTN, kecuali mereka yang benar2 siap lahir dan batin lebih dini.
    Semoga UI bisa mensosialisasikan sistem baru ini dengan efektif.

  3. Bagaimana persyaratan pendaftarannya? Terlebih, apakah lulusan tahun 2008 dapat mengikuti program SIMAK UI 2009
    tolong balas ke email saya !

  4. @tysa,

    waduh, sayangnya saya gak tau tuh kisi2 SIMAK UI kayak apa. tapi kalau kamu belajar soal2 SPMB tahun2 sebelumnya, saya rasa itu mmbantu mnajamkan kemampuanmu mnghadapi tes seleksi masuk PTN, trmasuk SIMAK UI.🙂

    @henry,

    sudah sya balas tuh lewat email..🙂

  5. di simak ui nanti apa ga ada program ipc nya??????????

    tolong di balas yawh commentx ke email saya….. thx b4…..

  6. Menurut website penerimaan.ui.ac.id
    1. Pola Seleksinya sama dengan UMB/SPMB (materi, dan persyaratan peserta __> S1 Regular u. lulusan 2009, 2008, 2007
    2. Ada pilihan IPC
    3. Silahkan simak website SIMAK-UI

  7. tanya dunk,..
    kok ujiannya cm 1 hr,..
    kan biasanya 2 hari,..
    hr pertama kemampuan umum
    har kedua kemampuan IPA atw IPS
    jadi waktu nyelesain soalnya bRp jam?

  8. persyaratan untuk ikut SIMAK UI bagi orang2 angkatan 2008 apa?
    trus kisi-kisi soal untuk ujian SIMAK UI ??????

  9. @ulan pattinson,

    baca selengkapnya di sini: http://penerimaan.ui.ac.id
    belum baca kan??! baca dulu yah..

    kalo ttg kisi2, pelajari saja soal2 SPMB tahun2 yg lalu. Materi yg diujikan di SIMAK UI tidak jauh beda sperti soal2 SPMB.

  10. DH,
    Mohon dikirimkan alamat tempat ujian saringan masuk / Tes UI SIMAK tanggal 1 Maret 2009 untuk Kalimantan. Terima kasih

  11. Kalau punya, saya minta alamat lengkap yang di Banjarmasin karena informasi alamatnya nggak detail , disitu hanya disebutkan Banjarmasin saja. Jadi kemana kami harus mencarin ?

  12. nilai berapa yang bsa memenuhi kriteria masuk UI?
    hmm,,
    mau tau,,
    mksud dari materi IPS terpadu seperti apa?
    makasih,,

  13. Bagaimana prosedur serta persyaratan apa saja untuk mengikuti SIMAK UI.Tolong balas ke e mail saya yaaa…………!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  14. @fauziah,

    haduh, kalo ditanya gtu y ndak tau ya. apalagi dgn sistem yg berbeda skrg.
    karena sya anak IPA n ikut SPMB IPA, maka sya ndak tau prsis IPS TERPADU materinya seperti apa.

    kalo di IPA Terpadu, prtanyaan yg disuguhkan biasanya aplikasi hukum2 FISIKA, KIMIA, maupun BIOLOGI yg diterapkan pad suatu penemuan/teknologi tertentu.

    nahh, kalo IPS Terpadu, y mirip2 IPA Terpadu itu lahh… bedanya kalo IPS y yg diterapin jelas ilmu sosialnya ;p

  15. *UNTUK PARA PEMBACA YANG INGIN BERTANYA!*

    -Sebelum bertanya, silakan lihat komentar dan jawaban pada komentar-komentar sebelumnya. Barangkali pertanyaan Anda sudah pernah diajukan oleh orang lain dan telah dijawab.

    WEBSITE PENDAFTARAN SIMAK UI 2009: http://penerimaan.ui.ac.id/

    thanks.

  16. Oia mo tnya nh,,,
    Qra2 ad ksmptn gk y untk ank SMK u/ msk UI???
    Cz scra kn mteri pmbelajrn qta sma nak SMA berbeda….Thx.

  17. @riyan,

    yg namanya ksmpatan mah tntu saja selalu ada,
    yg pnting kita nya mau brusaha atau tidak.

    materi yg diujikan di ujian ini adalah materi2 yg diajarkan di SMA.
    so, sebaiknya kamu mmprsiapkn diri dgn hal ini.

  18. Mas, kira2 susah yg mana antara soal SIMAK ma SnmPtn???
    Truz, passing grade kelulusanx apa dak jauh beda ma passing grade Snmptn???

  19. MAS……….

    punya soal2 tryout simak ui kemarin g??????? kalo ya tolon banget dikirimin donk……….. cz q dari luar kota, kemarin g bisa ikut tryout nya! mohon bantuannya…………

    oh ya sama mo tanya gmn caranya ngelihat passing great tiap fakultas, daya tampung n bisa tw dah berapa banyak yang daftar, gt……

    THANK YOU BE4…………

  20. simak ui bentar lg!!!!
    tolong doakan saya ia semuanya!
    kalau uda gni,,siap ga siap must siap.
    mhon doa nya ia!!1
    thx.^__^.

  21. bersukur sekali karna dapat imformasi y9 penting ini apa lagi mengenai SIMAK UI alhamdullilah….makasi yach…

Monggo Ngomong/ Silakan Komentar/ Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s