Aku Manusia, Aku Hamba Allah, Aku Khalifatullah

Diceritakan bahwa seseorang tengah menimba air di sebuah sumur bermaksud wudhu hendak sholat, sementara itu waktu sholat sudah masuk injury-time, hampir masuk waktu sholat berikutnya. Di saat ia menimba air, dilihatnya di dalam sumur ada seekor hewan misal cicak yang hampir tenggelam. Pada situasi seperti itu,

ia akan berada pada posisi ana insan (aku manusia), bila ia kemudian tidak “melihat” akan pentingnya menolong hewan yang hampir tenggelam tersebut.

atau ia akan berada pada posisi ana ‘abdullah (aku hamba Allah), bila ia kemudian lebih membela kuantitas kepatuhannya kepada Allah dibandingkan menyelamatkan hewan tersebut.

atau bisa jadi ia akan berada pada posisi ana khalifatullah (aku khalifah Allah), bila ia kemudian tergerak untuk terlebih dahulu menolong hewan tersebut.

Kisah ini mirip dengan keadaan ketika anda tengah berjalan kaki ke masjid hendak menunaikan sholat jumat dan ketika itu  muadzin tengah mengumandangkan iqamah, di tengah jalan anda jumpai seseorang korban kecelakaan dan saat itu hanya  anda yang bisa membantunya.

Mana yang akan anda pilih..? Bergegas ke masjid ataukah menolong orang tersebut..??

Jangan tanya saya tentang posisi mana yang harus diambil, karena apapun posisi yang diambil tentu bergantung dari tafsir hidup kita masing-masing.

sumber inspirasi : emha ainun nadjib

One thought on “Aku Manusia, Aku Hamba Allah, Aku Khalifatullah

  1. kalo menurut ku menolong dulu, karena waktu sholat masih awal, berbeda dengan cerita yang pertama waktu yang sudah injury-time. maka dari itu kita juga tidak boleh menunda-nunda sholat kalo sudah tiba waktunya🙂

Monggo Ngomong/ Silakan Komentar/ Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s