Menghabiskan voucher ampunan Tuhan, menentang Tuhan

Maksiat, atau tindakan melawan perintah Tuhan baik disadari atau tidak akan membawa dampak psikologis. Perasaan bersalah, pembangkang, pendosa dan lain sebagainya pasti akan muncul. Sampai di sini sebetulnya masih bagus sih, dalam arti memang seharusnya begitu, merasa bersalah.

masjidilharam

Moyang manusia, Nabi Adam alaihissalaam, diusir Tuhan dari syurga sebab maksiat karena kekhilafannya sedangkan Iblis diusir Tuhan dari syurga sebab maksiat karena kesombongannya. Nabi Adam alaihissalaam diampuni Tuhan sebab menyesali kekhilafannya dan mau bertaubat, sedangkan Iblis tetap dalam kesombongannya dan enggan bertaubat, malah menantang akan melakukan pembuktian bahwa Adam dan keturunannya tak layak disujudi.

Dalam kegelapan kesombongannya Iblis lupa bahwa esensi dari perintah sujud ke Adam oleh Tuhan adalah “menuruti perintah Tuhan” itu sendiri.

Nah diri kita termasuk yang mana? apakah maksiat sebab sombong tak menuruti perintah Tuhan atau sebab khilaf?

Lalu ketika pengetahuan lain diangkat ke permukaan, bahwa Tuhan maha pengampun dan maha penyayang, bersedia menerima taubat hambanya yg belepotan dosa dan kesalahan, sebanyak buih di lautanpun Tuhan sudah menggaransikan ampunan asalkan taubat yang dipersembahkan adalah taubat yang sebenar-benarnya taubat. Kalau Tuhan tak memberi hidayah dalam hal ini, maka pengetahuan tadi justru menjadi boomerang, menyesatkan, dengan rupa ajakan misal “sudahlah santai saja, maksiat saja, toh kalau maksiat nanti juga diampuni oleh Tuhan”.

Akhirnya ya itu tadi, habiskan saja “voucher” ampunan Tuhan, alias “mumpung masih hidup”, selagi masih hidup kan berarti masih bisa taubat toh, berarti masih bisa diampuni toh.

Nah problemnya adalah kita sendiri ga ngerti voucher nya habisnya kapan, di mana, dan dengan cara bagaimana.

Monggo Ngomong/ Silakan Komentar/ Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s