bangkrut parah

makan_bangkai_saudara_sendiribayangin misal kita tiap hari dapet duit pas-pasan dari kerja, lalu kita akal2in nyisain buat nabung 10rb trus 5rb trus 10rb trus 20rb, ngacak tiap hari, misal kita tabungin ke bank deh. pokoknya kita tabungin selama 10tahun misalnya. (mayan kan 10 tahun kira2 ngumpul 36jt, kena nggo tuku es lontrong pitung turunan.. :D ).

nah tiba-tiba atas izin si bank ada orang lain dikasih hak mengambil alih tabungan kita itu sebab kita terlibat kasus misalnya. ehh ternyata bukan sampe situ doang, saat tabungan udah abis dikuras, atas izin si bank pula dia malah ngelimpahin dia punya utangnya ke kita.. ini namanya “udah jatuh tertimpa tangga”. kita udah tabungan dari jerih payah bertahun-tahun ludes, ditambah dapet pengalihan utang pula.

————- bangkrut parah.. ————-

analogi tdi maksudnya, gitu juga saat kita udah tiap hari sholat jengkang jengking, puasa delam delem, sedekah cimat-cimit, ibarat tabungan pahala kita yg se-uprit. 10tahun, 20tahun, 30tahun sejak kita paham lanang-wadon (baligh) terkumpul dah tuh tabungan pahala.

nah tiap hari, saat kita ngumpul sama temen2 misalnya, trus kita gunjingin aib orang lain (ghibah)/ kotoran orang lain, bawaannya seneng ngulik buruknya orang lain, sebenernya tabungan pahala kita tadi itu diambil alih sama orang tersebut dan jika sampe ludes maka dilanjut dengan dosanya orang tersebut yg kita gunjingin dilimpahin ke kita..

jadinya posisi ‘tabungan’ kita:
utang pahala = “se-hahahaha” (saking banyaknya)
saldo pahala = 0
kesimpulan = bangkrut parah

sumber : dawuh kanjeng nabi Muhammad SAW

wallahu a’lam bishshowab..

3 thoughts on “bangkrut parah

Monggo Ngomong/ Silakan Komentar/ Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s