Angkutan Tegal-Jakarta

Terinspirasi dari salah satu keyword pencarian yang mengantarkan seorang pengunjung ke blog saya, pada tulisan kali ini saya ingin memberi informasi kepada anda para pembaca/visitor mengenai angkutan yang bisa dipakai untuk transportasi dari Tegal ke Jakarta. Sebenarnya banyak banget, namun kali ini saya tuliskan beberapa saja yang sudah sering saya gunakan untuk transport saya dari Tegal ke Jakarta.

1. Kereta Api

keretaAnda bisa menggunakan Kereta Api dari Stasiun Tegal. Kereta yang bisa anda gunakan bermacam-macam. Dari kelas teri sampe kelas kakap, ehh, maksudnya dari kelas ekonomi sampe kelas eksekutif. Anda bisa menggunakan Kereta Tegal Arum, ya kalau menurut Budi, kereta ini adalah kereta yang tidak membeda-bedakan makhluk Tuhan, haha. Info lengkapnya lihat di sini saja deh.. .INFO_KERETA_API. oiya, sayang sekali gambar kereta di atas bukan gambar salah satu kereta di Indonesia ^^.

Update Juli 2013

Untuk trayek kereta  Jakarta -> Tegal banyak sekali pilihan :

1. Kereta Cirebon Express, brangkat skitar pkl. 11.00 WIB dan pkl. 18.00 dari stasiun Gambir, kelas Bisnis & Eksekutif.
2. Kereta TegalArum, brangkat skitar pkl. 15.00 WIB dari stasiun JakartaKota/Beos, kelas Ekonomi.
3. Kereta Tawang Jaya, brangkat skitar pkl. 21.00 WIB dari stasiun pasar Senen, kelas Ekonomi.
4. Kereta-kereta jarak jauh (Semarang atau Jawa Timuran) : kereta Kertajaya, kereta Matarmaja, kereta Fajar Utama Semarang, kereta Senja Utama Semarang, dll pokoknya yang transit ke stasiun Tegal :).

Bisa lihat detailnya di www.tiket.com

ka-cirex-tegalarum

2. Bus Antarkota

busAnda bisa menggunakan bus antarkota dari Terminal Slawi, Terminal Tegal, Pertigaan Yaumani (Lebaksiu). PO yang beroperasi umumnya adalah SINAR JAYA, DEDDY JAYA, DEWI SRI.  Kalau anda berangkat dari Terminal Slawi, naik sajalah bus trayek manapun yang penting tujuan akhirnya Jakarta :). Begitupun jika anda naik dari Terminal Slawi. Biasanya Bus-Bus tersebut berasal dari Pekalongan, Wonosobo, Purwokerto, dsb. Tujuan (Jakarta) dari bus antarkota yang umumnya ada di Terminal Tegal dan Terminal Slawi adalah : Pulogadung, Kp. Rambutan, Mampang, Tanjung Priok, dll. Di pertigaan Yaumani malah ada trayek Tegal-Depok. Sangat memudahkan bagi anda yang ingin langsung ke Depok ;).

Oiya, bus antarkota ini umumnya keluar dari Tegal (menuju Jakarta) pada rentang antara pkl. 07.00-08.00 dan ada juga yang pkl. 19.00-21.00 waktu setempat. Untuk PO Sinar Jaya berangkat dari terminal Slawi agak lebih pagi sekitar pkl. 05.00-06.00. (sesuai pengalaman pribadi ketika arus balik lebaran 2013 kemarin).

Update Juli 2013

Untuk trayek bis Jakarta -> Tegal banyak sekali pilihan, saya seringnya pake PO Sinar Jaya, PO Dedy Jaya atau PO Dewi Sri. Menurut pengalaman saya ketiga PO itu pasti ada di terminal-terminal besar di Jakarta :

1. Terminal kampung Rambutan, brangkat skitar pkl. 19.00-21.00. * hati-hati banyak calo bis ilegal,  usahakan anda mencari bis nya dulu (misal dari 3 PO di atas), baru beli tiket di atas bis.
2. Terminal pulogadung.
3. Terminal lebakbulus.

Selain itu bberapa bis dari ketiga PO itu juga “nongkrong” di terminal ‘bayangan’ :

1. Terminal ‘bayangan’ Attahiriyah, skitar 300m sbelah timur stasiun Tebet, Jaksel. Brangkat skitar pkl. 07.00
2. Terminal ‘bayangan’ pasar minggu, skitar 300m sbelah selatan stasiun pasar minggu. Brangkat skitar pkl. 18.00
3. Terminal ‘bayangan’ depok, skitar 300m sbelah selatan kantor walikota depok. (lupa brangkat jm brpa ya..)

Khusus kalo anda kemaleman/ telat di terminal kampung rambutan pkl. 22.00 malam biasanya masih ada bis dari PO Kurnia Jaya, kelas ekonomi. (berdasarkan pengalaman pribadi) 🙂 🙂 🙂

Sekian… 🙂

po-sinar-jaya

po-sinar-jaya

po-dedy-jaya

po-dedy-jaya

po-dewi-sri

po-dewi-sri

85 thoughts on “Angkutan Tegal-Jakarta

  1. @Auliana a.k.a ulin dkk. di atasnya,

    Jakarta-Slawi rata-rata ditempuh selama 7 jam dgn bis. itu sudah plus istirahat di tengah jalan, biasanya istirahat 30 menit di sekitar Indramayu.

    ongkos bis nya kalau kelas ekonomi 30-40 ribu (Jakarta-Slawi). Jangan lupa bilang turun di Slawi meskipun bis nya Jurusan Jakarta-Purwokerto. beda harga lowhh turun di Purwokerto dgn turun di Slawi.. ;p

    buat mba Auliana, selamat brtugas yah!!

  2. ahm,kalo mau pulang tegal dari senen mesti kemana dulu?????enaknya naik bus apa ya??
    kasih saran dong……..

  3. @mheela,

    ke terminal bis kampung rambutan aja, kalo gak salah ada bis trayek Senen-Kp. Rambutan. Nah dari trminal kp. rambutan bisa naik bis trayek Jakarta-Purwokerto atau Jakarta-Pekalongan yaitu bis Sinar Jaya atau Dewi Sri atau Dedy Jaya. turun di tegal. biasanya jm 7 pagi atau jm 8 malam bis2 antarkota trsebut keluar dari kp. rambutan menuju jawa tengah 🙂

    ~kangmasjuqi

  4. kalo mau ke pekalongan naik apa y, biayanyanya berapa.
    aku d daerah mammpang.
    katanya ada bis yang lewat mampang y…
    kalo nunggu d situ bisa gak y.
    sekitar jam berapaan.
    makasih..
    hehe.

  5. @renti,

    waduu, kalo dari daerah mampang sy kurang paham. prnah sih pulang dari situ tapi udah lama, lupa.coba nanya2 temenmu ya..hehe..maap renti. 🙂

  6. Mas, mohon bantuan pencerahannya.
    Saya rencana pulang ke solo menggunakan bis putus2. rencara jakarta-tegal-semarang-solo. Pinginnya malam hari.

    Kalau bis dari jakarta ke tegal yang malam itu naiknya dari mana ya ? jam berapa saja ??

    Mohon bantuan pencerahannya mas, maturnuwun 🙂

  7. @herry,

    maaf baru buka blog,

    klo yg tengah malam sy belum tau. yg paling mlm ada skitar jm 9 mlm dari kp. rambutan, jurusan Jakarta-Purwokerto atau Jakarta-Pekalongan.

    belum tau lagi yg selain itu..

    nuwunsewu..

  8. @naga212geni,

    maturnuwun sudah berkunjung..salam kenal ya. 🙂

    @sasa,

    wahh, syukurlah..salam kenal ya. 🙂

  9. @setyo,

    dari stasiun tegal ms bisa naik angkot kuning Tegal-Slawi turun di Terminal Slawi (tarif 5rb-7rb), dari Terminal Slawi ms naik Bis kecil (ELF) Tegal-Bumiayu turun di Balapulang (tarif 3rb-5rb) atau dari Terminal Slawi ms jg bisa naik Bus gede yg ke arah selatan -jurusan Purwokerto- turun di Balapulang (tarif 5rb an)

    salam kenal mas.. 🙂

  10. heheheheh enyong bangga gadi wong tegal..
    kota sing MBETAHI LAN NGANGENNI…
    kpn aq bs MUDIK NANG GUMAYUN kyeh.. kangen suasana GUMAYUN

  11. aku mau ke Bulak kamba brebes lewat lebak bulus,,aku pengen pagi.
    naik bus apa ya? n keberangkatan jam berapa?
    terima kasih gan sebelumnya…

  12. @syamsul

    wah maaf sy gak punya info untuk bis keberangkatan dari lebak bulus kang.
    tanya tmn y. atau search google.

  13. @donie,

    jam 8-9 malam dan jam 7-8 pagi mas. tersedia Sinar Jaya, Dedi Jaya, Dewi Sri.
    saya pernah beberapa kali naik dari kp.rambutan pagi maupun malam.

    saran saya ms waspada thd calo-calo yg tak berseragam di sana, kalau ms suka naik Sinar jaya ya langsung cari bis nya aja atau cari petugas berseragam Sinar jaya.

  14. @April,

    ada bis sekitar jam 9 malam berangkat dari Terminal Slawi.

    pakai kereta api aja, dari Stasiun Tegal jam 10 hingga jam 12 malam banyak kereta-kereta dari jawa timuran yg transit di Tegal, anda bisa pakai itu buat berangkat ke Jakarta. 🙂

  15. mas,

    Merujuk ke pertanyaan yg diatasnya mau nambah lagi:

    =========
    setyo
    October 4, 2010 at 11:20 pm

    kalau dari stasiun kereta tegal mau ke arah balapulang naik bis apa &berapa tarifnya. maturnuwun mas
    =========

    Kalau saya naek kereta Tegal Arum dari Jakarta sampai Tegal biasanya kan jam 10an malam. kalo jam segitu kira2 masih adakah angkutan umum yg menuju Balapulang ?
    *Pernah juga masuk stasiun Tegal jam 11 malam.
    Mohon informasi & tipsnya.

    Terimakasih.

  16. @mhanafi,,

    hmm…benar juga kalau pakai TegalArum nyampe st.Tegal skitar jm 10-11malam ya..
    opsinya kalau dari situ mau ke Balapulang :

    1. bisa naik Taksi (jarak stasiun tegal->balapulang +-27km)..ongkosnya ga tau deh belum pernah soalnya hehehe

    2. pake angkot warna Kuning jurusan slawi, turun di perempatan R.S. Kardinah, lalu nyambung naik bis-bis Besar yg mengarah ke selatan (Purwokerto), yg lewat Balapulang.

    3. mas ke Terminal Bis Tegal, trus COBA minta ikut bis Antar Kota Antar Propinsi yg mengarah ke Selatan/Purwokerto ( PO Dewi Sri, PO Dedy Jaya, PO Sinar Jaya, dll ).. bilang aja turun di Balapulang, kalau kondisi bis lengang kmungkinan besar boleh ikut..ongkos silakan tawar-tawaran,,( mgkn kisaran 10-15rb ya.. )

    4. minta dijemput sama sanak family/teman yg ada di balapulang 😀

    untuk opsi kedua dan ketiga di atas sbnrnya sy belum pernah mengalaminya..hanya mmperhatikan saja sbnrnya banyak bis-bis Besar yg numpang lewat jalur selatan ini (Tegal-Banjaran-Slawi-Lebaksiu-Balapulang-dst).. jadi mas bisa manfaatkan hal ini.

    semoga membantu. 🙂

  17. kangmasjuqi,

    Kalo saya pilih option nomor 2 (dua), tapi turunnya langsung di terminal Slawi. Kira2 apakah masih ada bis2 ukuran 3/4 yg menuju arah Balapulang di sktr jam segitu ?
    Atau apakah dr terminal Slawi saya bisa ikut langsung / cari bis besar seperti pada point 3 (tiga), tapi beda terminal ?

  18. @mhanafi,

    bis 3/4 (ELF) itu sy kurang tau mas malemnya sampe jam brapa aja.

    di opsi 3 knapa sy saranin ke terminal Tegal bukan terminal Slawi karena terminal Tegal itu tempat transit RESMI buat bongkar muat penumpang (terutama bis PO Dewi Sri) ..kalau di sembarang tempat sy ga yakin bis mau berhenti kalau ada yg nyetop..termasuk terminal Slawi itu hanya “Bongkar” penumpang aja tapi ga “Muat” penumpang bis-bis dari Jakarta.

    btw… mnurut sy solusi sederhana itu opsi 4 mas..paling hanya butuh bensin 1-2liter.. hehehe

  19. Terimakasih atas masukannya kangmasjuqi,

    Kalau utk opsi 4 justru hal terberat bagi saya, karena disana tdk ada kendaraan.
    Opsi 3 adalah pilihan yang paling masuk akal buat saya (dtg ke terminal Tegal & cari agen PO. DS, SJ, DJ dll), tdk masalah walaupun hrs tunggu kedatangan bis dari arah barat, kan masih banyak hiburan di terminal (bisa celingak-celinguk ngamatin bis yg wara-wiri, hehe…)

    #dulu biasanya naek elf 3/4 dari pertigaan pacific mal, tapi di siang/sore hari. makanya kalo pas dptnya tengah malem jadi bingung 😀

    Salam,
    M.Hanafi

  20. Mhon informasinya mas,,bis apa dari terminal Tegal yg transit di terminal tasikmalaya??jam brapa wkt pemberangkatan nya?mksh

  21. Mas klw dr St. Tegal ke Gumayun naek ojeg motor kira2 berapa duit ya.
    Soalnya aku mw mudik naek Tegal arum.
    Terima kasih

  22. @ma saipul, jauh bener mas, mahal itu. 😀 mending minta jemput tetangga/ keluarga aja.. kalo mau ngasi ya uang bensin lah 10rb. 🙂

  23. Mohon informasi mas 🙂
    Saya mau ke tegal, tujuannya ke Rumah Sakit Islam Harapan Anda di jalan Ababil. Klo saya naik bis atau kereta dari jakarta transportasi di tegalnya gmn ya?
    #Trimakasih

  24. @hesti,

    hesti bisa pilih opsi ini :

    1. pake kereta dari stasiun Gambir, kereta Cirebon Express brangkat jam 11 siang. nyampe stasiun Tegal skitar jam 4 sore.

    2. pake kereta dari stasiun Pasar Senen, kereta Menoreh brangkat jam 7 pagi, nyampe stasiun Tegal skitar jam 12 siang,

    dari stasiun Tegal pake becak/ ojeg aja tarif skitar 10rb-15rb.

    ini peta rute dari stasiun tegal ke RS Islam Harapan Anda (jarak +- 3km) :
    https://maps.google.com/maps?saddr=Jalan+Pemalang+-+Tegal&daddr=Jalan+Ababil&hl=en&ll=-6.872596,109.136961&spn=0.012186,0.019677&sll=-6.8676,109.140458&sspn=0.006093,0.009838&geocode=Fbo1l_8dtGGBBg%3BFVgPl_8dFjWBBg&t=h&mra=dme&mrsp=0&sz=17&z=16

    3. pake bis PO Sinar Jaya, PO Dewi Sri, atau PO Dedy Jaya. berangkat dari terminal kp.rambutan, terminal depok, terminal ps. minggu, terminal lebakbulus, dll.. cari yg jurusan tegal, slawi, purwokerto, pemalang, pekalongan sama aja, minta turun di Pasific Mall, Tegal.

    kalo berangkat dari terminal kp.rambutan ada yg jam 7-8 pagi, nyampe Tegal skitar jam 4-5 sore. # hati-hati calo terminal, sy seringnya brgkat dari kp.rambutan 😀

    ini peta rute dari Pasific Mall ke RS Islam Harapan Anda (jarak +- 1km):
    https://maps.google.com/maps?saddr=Jalan+Kapten+Sudibyo&daddr=Jalan+Ababil&hl=en&ll=-6.873597,109.130309&spn=0.012186,0.019677&sll=-6.875728,109.129558&sspn=0.024371,0.039353&geocode=FQQul_8dVyqBBg%3BFVgPl_8dFjWBBg&t=h&mra=dme&mrsp=0&sz=15&z=16

    ~salam

  25. Mau tanya dong,,,,
    Saya dah pesen tiket KA dari gambir ke tegal. KA Cireks tgl 5 Agustus 2013 (H-3).
    Nah kira2 sampe jam 4 sore ditegal.
    Trus mau ke-slawi naik taxi berapa ya? Argo atau Borongan?
    atau kalau rental mobil 24 jam brp? Soalnya niatnya cuma nganter temen doank (cewe), abis itu balik kejakarta lagi.

    Kalau naik taksi berarti pulang hari itu juga, tapi kalau rental mobil berarti pulang besok sore nya.

    Mohon info yang terpercaya dari orang yang menguasai daerah tegal dong 🙂
    Trims.

  26. @Chris,

    kalau naik taksi tegal-slawi jujur saya belum pernah karena seringnya dijemput sama keluarga..hahahaa

    https://maps.google.com/maps?saddr=Jl.+Semeru&daddr=Jl.+Jendral+Ahmad+Yani%2FJL.+Tegal+-+Cilacap%2FJalan+Nasional+6&hl=en&ll=-6.943497,109.153203&spn=0.206868,0.311394&sll=-6.979251,109.140589&sspn=0.003232,0.004866&geocode=FZQ2l_8dmWGBBg%3BFaCAlf8dR1eBBg&t=w&mra=me&mrsp=1,0&sz=18&z=12

    coba cek rute maps di atas itu Stasiun Tegal -> Terminal Slawi (sy asumsikan tujuan ms itu terminal slawi yah), jaraknya kira2 13km, kalau pake rata2 argo taksi jakarta +- Rp. 3000/km maka tarif untuk rute ini = (3000 x 13) + buka pintu = 50rb an lah yaa.. kalau borongan biasanya lebih mahal mas, apalagi tanggal 5 itu kan udah H-3 lebaran.

  27. @ms wigie, wah maaf kalau terminal rawamangun saya belum tahu mas, kalau tidak ada bisa ke terminal besar terdekat dari rawamangun ms, misal terminal pulogadung. 🙂

  28. gan.bus dari tegal menuju Jakarta ada nya jam berapa aja?
    kalau dari stasiun tegal menuju terminal tegal naik apa?
    makasih gan tanggal 19 agustus mau jalan pagi sore nya pulang.

  29. @anggry,

    – pagi skitar jam 6-9 dan malam skitar jam 7-9
    – pake ojek aja mas karena setau saya ga ada angkot yg lgsung ke terminal tegal, di stasiun tegal adanya angkot kuning tujuan slawi.

  30. mampang – slawi saiki mung seket ewu dedy jaya,lumayan larang dr pd neng kampung rambutan kurnia jaya bise krj sama kro calo jaluke satus seket , kna satus barang gelut.

  31. Klo dari pulogadung ke tegal mobilnya apa ea mas n jam brp? Nanti turun ditegalnya nama terminalnya apa? 😀
    Saya mau ke Desa Lawatan Kec. Dukuhturi Tegal. setelah nyampe tegal saya harus naek apa biar bisa nyampe kesitu. tolong pencerahanya ea. 😀 thanks 😉

  32. @miftah,
    pagi jam 7-8 dan sore jam 6-7 saja mas dicek ke pulogadung :D, saya jarang lewat sana, sekalinya pernah waktu lebaran lupa tahun brapa. kalau mau ke dukuhturi bilang saja turun di terminal tegal..lebih deket dari situ 🙂

  33. Gan mnta info’y dong, klo sya naek kereta api tegal arum yg jam stngh 5 sore kn smpe stasiun tegal jm stngh 10 mlm tuh, msh ada mobil angkot ga yg mnuju ke suradadi mhon info’y naek angkot ap aj, mksh gan

  34. @ms tedi, kalo ke suradadi kurang tau ya ms, yg biasa nongkrong di stasiun tegal itu angkot kuning yg ke arah slawi..sama satu lagi yg biru ke arah selatan jg. yg ke arah suradadi setau saya tidak ada ms.. ms pake jasa ojek atau taksi aja.. atau minta dijemput teman/saudara.

  35. Minta infony dong,,,klo mau ke Guci tegal dari bekasi rutenya klo naik kereta dan naik bis turunnya d mn? mksh

  36. @mas tony, kalo mas mau pake kereta..

    OPSI 1 :
    1. naik kereta “tawang jaya” pagi (dari stasiun senen) atau kereta “tegal express” pagi (dari stasiun senen jg), nyampe stasiun tegal siang sebelum dhuhur. jadwal keberangkatan & harga bisa mas cek di http://www.tiket.com
    2. dari stasiun tegal mas naik angkot kuning tujuan slawi, minta turun di terminal bis slawi (ongkosnya sekitar 7rb).
    3. dari terminal bis slawi mas pake bis elf (bis kecil) trayek tegal-bumijawa, minta turun di tuwel bojong.
    4. dari tuwel bojong mas pake angkot jurusan guci.

    OPSI 2:
    1. – sama kaya nomor 1 di OPSI 1 –
    2. dari stasiun tegal mas naik angkot kuning tujuan slawi, minta turun di brigif slawi (ongkosnya sekitar 10rb).
    3. dari brigif slawi mas langsung pake angkot jurusan guci.. tapi khusus trayek angkot ini sy ga tau persis frekuensi nya, jadi bisa2 lama nunggunya.

    kalau mas mau pake bis dari bekasi juga bisa, mas cari bis jurusan tegal-slawi-purwokerto mas minta turun di Pertigaan Yomani (kurang lebih 10-15km setelah melewati terminal slawi), nah dari Pertigaan Yomani mas naik angkot jurusan guci.

    semoga membantu yaa.. 🙂

  37. Mas minta infonya mas klo PO Dewi Sri yg di depan PTC Pulogadung itu busnya yg brangkat mlm biasanya brngkatnya jam brpa ya mas ?
    Sma harga skrngnya brpa ya mas ?
    Thnx

  38. @haekal, wah maaf mas kalo yg dari PTC pulogadung sy ga tau jadwalnya. sy taunya yg di pintu keluar terminal pulogadung biasanya jam 9 malem masih nongkrong itu bis.

  39. Gan klo dari terminal slawi ke jakarta tarif brp gan..m?? lah trss berangkatnya sekitar jam brp.?? sampe jakartanya,Jakarta mana.?? thanks

  40. @ghozi,
    tarifnya saat ini skitar 60rb (pasca tahun baru), jangan lupa tanya dapet kursi atau engga, krna kalo kursi udah abis dan supir/kernet mau memaksakan penumpang masuk biasanya ditambah2in “kursi darurat” 😀

    jadwal keberangkatan dari terminal slawi ada 2 : PAGI jam 6-8 dan MALAM jam 6-8.

    tujuannya jakarta macem2, ada kp.rambutan, kalideres, kebayoran, bekasi, cibitung, bekasi, pulogadung, mampang, grogol.

  41. @wien,

    ada, dari terminal tegal naik bus Sinar Jaya, Dedi Jaya atau Dewi Sri, berangkat skitar jam 9 malam tujuan jakarta. nanti skitar jam 12 atau jam 1 malam bus2 ini transit di rumah makan skitar indramayu.. atau kalo mau spesifik ya bilang ke kernet bus nya ya mau turunnya di mana.

  42. saya hari ini mao brngkat k slawi jam3 sore nnti,kira2 darimanakah pangkalan sinar jaya yg terdekat dr domisili saya di cipinang.
    krna kalo k pulogadung mnghindari calo
    thanks

  43. @arifa,
    yg sy tau dari terminal kp.rambutan ada bus PO sinar jaya, bus PO dedy jaya atau bus PO dewi sri yg jurusan pekalongan, tapi hati2 ya kalo udah masuk terminal nya krna banyak calo, lebih aman dianter keluarga atau ojek sampe ketemu bus nya di dalem terminal

  44. Mau tanya kalo dari st tegal kra2 jam setngah 5 mau ke bumiayu itu naik ap ya? Trus tarifnya brp?

  45. Klo dri st tegal setau sy ga ada yg lgsg ke bumiayu.. dri st.tegal nana bisa naik angkot kuning jurusan slawi dulu trus minta turun di terminal slawi, dri situ nunggu bis elf atau bis gede trayek tegal-bumiayu (biasanya ada tulissnnya di kaca depan bis nya)… atau klo berani brgkali bisa ikutan bis po.dewi sri atau po.dedy jaya yg mengarah ke selatan… hehe

    Mngenai tarif/ongkosnya blm tau skrg brpaan ya, skitar 3thn yg lalu skitar 15rb, mgkn skrg antara 15-20rb.

  46. Assalammualaikum admin, saya dari Depok mau ke Tegal (lebak siu kidul) tepatnya patung gbn, kalo ke rute sana kira2 naik bus apa ya, mohon penjelasannya, terus apakah ada bus yang langsung tujuan kesana? Mohon penjelasannya admin

  47. bismillah… admin, saya dari Sragen mau ke Bumijawa, Tegal… kalau pake kereta atau bis. rutenya mana ajha???

  48. @mutiara, maaf baru balas, klo pake kereta yg dkt bumijawa bisa turun di stasiun prupuk atau stasiun bumiayu, klo pake bis kurang paham tapi patokannya klo pake bis jalur selatan jawa bisa turun di Balapulang atau pertigaan Yomani Lebaksiu

Monggo Ngomong/ Silakan Komentar/ Leave a Reply